Review Konsep Usaha Bakery - Putih Bening | Putih Bening

You are here: » Review Konsep Usaha Bakery

 

Review Konsep Usaha Bakery

Review konsep usaha bakery ini, salah satu cara Putih Bening, belajar membiasakan diri menangkap dan menyerap ide atau konsep usaha yang berbeda, unik bahkan yang konyol sekalipun. Hasil serapan sesaat ini kadang merangsang otak kita untuk mengikuti alur dan timbul ide-ide dasar lain sebagai informasi untuk menjadi satu peluang usaha.

Sebelum hari raya idul fitri, saya bertemu dengan rekan saya yang profesinya sebagai arsitek, kebetulan dia sedang mengerjakan satu design Outlet Bakery di Bengkalis Riau.

counter cashier n product viewAda yang menarik dari konsep designnya, yaitu biasanya toko kue atau roti, hanya display produk jadinya saja yang ditampilkan, proses pembuatanya tidak akan diperlihatkan, atau bahkan lokasi produksinya kebanyakan tidak jadi satu dengan display produknya.

Yang satu ini, permintaan dari klienya justru ingin diperlihatkan, agar kesan fresh from the oven nya tidak hanya slogan.  Jadi ada sisi ruang produksi yang sengaja di display dengan design yang bagus, bahkan dijadikan view bagi para pengunjungnya.
sisi lain pemilik dari usaha bakery ini ingin memperlihatkan kebersihan dan kesan hygineis dengan harapan membentuk link image kepada para konsumennya.

Dari hasil ngintip design rekan saya itu, saya coba ingin terapkan di skala yang lebih kecil, jadi peluang usaha dengan modal kecil, agar bisa dilakukan oleh teman-teman semua,

Sebenarnya memang tidak aneh untuk ukuran usaha kecil, karena kenyataanya para penjual pinggir jalan mendisplay produk dan memproduksinya bisa kita lihat langsung. Tapi gak ada salahnya di coba, untuk bidang usaha roti ini, atau sejenisnya seperti pizza dsb.

Konsep dan Aplikasinya adalah :

1. Proses pembuatan dan jual rotinya di perlihatkan, jadi masih hangat, point yang diambil adalah kesan fresh from the oven nya.
2. Untuk menyesuaikan daya beli, buatlah ukuran roti yang kecil (ambil konsep roti unyil  di Bogor), anda bisa jual satuan atau satu box isi 6 atau 8 dengan berbagai bentuk dan rasa.
3. Gunakan cetakan agar besarannya menjadi sama, cetakan tidak harus 1 macam, buat beberapa seperti, bulat, kotak, segitiga, atau yg berbentuk bunga, binatang dsb, agar lebih menarik.
4. Isi dari roti, anda bisa buat bervariatif,
5. Tambahkan hiasan di permukaan roti (bagian atas), misalnya dengan mengambil bentuk2 emoticon, bendera, rambu lalu lintas, bunga atau binatang. ini bisa dijadikan tema untuk satu box berisi seri emoticon atau seri bendera, dsb.
6. pilih warna-warna hiasan dari bahan dasar rasanya, misalkan coklat dari coklat meses, merah dari selai strobery, ungu dari blueberry, kuning dari pinekas atau srikaya, dst

Untuk rekan-rekan yang sudah terbiasa membuat panganan roti, anda tinggal mengaplikasikan konsep ini saja.
Silahkan mencoba dan sukses buat anda semua.

 

Posted by 0 Responses
   

Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates..

And then confirm your email subcription

   

No Comment to “Review Konsep Usaha Bakery”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
Leave your comment here:

Aug
31
2012