Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk - Putih Bening | Putih Bening

You are here: » Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk

 

Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk

perilaku konsumenAnda bisa mengevaluasi produk melalui prilaku konsumen pada saat setelah membeli produk anda. Perhatikan dan cermati konsumen anda agar anda bisa mengetahui seberapa besar produk anda bisa diterima oleh konsumen,

sebelumnya saya akan bagi terlebih dahulu kategori konsumen dan tahapan nya.
Kategori konsumen yaitu :
1. Calon konsumen
2. Konsumen tetap
3. Konsumen Loyal

Didalam suatu usaha, apapun usaha anda pasti terdiri dari tahapan sebagai berikut :
1. Produk, mulai dari bahan baku, pengolahan sampai barang jadi
2. Packaging atau kemasan
3. Penentuan harga jual
4. Promosi
5. Pelayanan

Apakah kaitannya antara Kategori Konsumen, Fase atau Tahapan Usaha dan Perilaku Konsumen ?

uraiannya adalah sebagai berikut :

  • Calon konsumen membeli produk anda pertama kali.

Hal ini diakibatkan dari cara promosi anda yang baik, penampilan kemasan yang menarik dan harga jual yang dianggap pantas, maka akan terjadilah transaksi jual beli.

  • Konsumen membeli produk anda ke-dua kali.

Pada saat sudah membeli produk anda, calon konsumen berubah statusnya menjadi konsumen, produk andalah yang mempunyai tugas berikutnya agar status konsumen ditingkatkan menjadi konumen tetap, logikanya adalah apabila produk anda makanan yang rasanya enak dan cocok dengan selera konsumen anda, maka jaminanya adalah mereka akan kembali lagi untuk membeli produk anda.
Apabila produk anda berupa barang, kualitas barang andalah yang akan membawa konsumen tersebut kembali membeli produk anda.

  • Konsumen akan membeli produk anda untuk yang ke-tiga kalinya.

Hal ini diakibatkan oleh konsistensi anda menjaga kualitas, rasa dan kepatuhan anda dalam jadwal buka dan tutup usaha anda.
Posisi ini adalah masa transisi apakah konsumen tetap anda akan meningkat menjadi konsumen loyal.

  • Konsumen akan membeli produk anda untuk yang ke-empat kali.

Mereka akan menjajaki ketersediaan atau stock produk anda,  karena konsumen anda  mulai mempromosikan kepada lingkungan dan komunitasnya.
Status Konsumen tetap ini akan menguji produk anda beberapa kali, sampai dia yakin betul terhadap konsistensi mulai dari rasa atau kualitas, quality kontrol, stabiltas usaha sampai kepada purna jual anda. setelah semuanya teruji status konsumen tetap ini tanpa diminta akan menjadi konsumen loyal terhadap produk anda.

Jadi perhatikanlah, apabila diatas 50% calon konsumen yang sudah  membeli produk anda tapi tidak kembali lagi, maka bisa dipastikan anda harus mengevaluasi kualitas, rasa atau harga dari produk anda.

 

Jangan sia-siakan konsumen yang sudah anda peroleh dengan susah payah, cuma akibat dari kesalahan pengelolaan produk, karena tugas anda sebenarnya adalah hanya mencari calon konsumen, berikutnya produk dan pelayanan andalah yang menentukan peningkatan status konsumen anda.

 

Pelayanan dan purna jual menjadi kunci paling utama untuk menciptakan konsumen loyal kepada anda,

 

Mereka sudah tidak memperhatikan produk anda lagi, karena sudah yakin akan kualitasnya, anda tinggal memperlakukan konsumen anda dengan baik, dengarkan dan tanggapi masukan serta keluhanya dengan wajar sehingga link image terhadap produk anda tetap terjaga. Jika anda berhasil pada tahap ini, konsumen anda tidak akan pindah ke lain hati.

 

Semoga bermanfaat dan sukses buat anda semua.

Posted by 1 Response
   

Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates..

And then confirm your email subcription

   

One Comment to “Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk”

  1. […] anda harus menambahkan kelebihan yang lain, untuk melengkapi pembahasan ini, anda bisa baca juga Perilaku Konsumen dalam Membeli Produk agar pelanggan anda tidak pindah ke lain […]

Leave your comment here:

Sep
9
2012