Persiapan dan Prinsip untuk Memulai Usaha Sendiri - Putih Bening | Putih Bening

You are here: » Persiapan dan Prinsip untuk Memulai Usaha Sendiri

 

Persiapan dan Prinsip untuk Memulai Usaha Sendiri

think outside the boxUntuk memulai usaha sendiri dibutuhkan persiapan dan prinsip untuk memulai usaha, agar landasan usaha kita menjadi kuat dan punya patokan apa yang harus dilakukan dan mengetahui arah kemana kita harus melangkah. Prinsip-prinsip dasar ini yang akan membentuk karakter usaha anda,

Di satu kesempatan Ayah saya pernah memberi nasihat dan kiat-kiat, agar usaha yang dijalankan nanti bisa berhasil,

  1. Ada 3 tahapan yang harus dijalani, yaitu :

    – fase memulai usaha

    – fase mengelola usaha dan

    – fase bertahan

    kalau kita perhatikan ada korelasi dengan hasil kesimpulan seminar teman-teman saya di artikel sebelumnya Bagaimana cara memulai usaha sendiri yaitu “harus berani” dan “Mulai dari sekarang”, jadi Do it Now…. jangan menunggu lagi, karena keberhasilan usaha anda kuncinya adalah ada pada kemampuan anda bertahan menjalankan usaha, logikanya sederhana, kalau anda tidak mulai dari sekarang, anda tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk mengelola dan menjalankan usaha anda, selanjutnya bagaimana anda bisa menuangkan ide-ide cemerlang anda untuk mengantisipasi perubahan agar anda tetap bertahan.

  2. Tahu perbedaan antara Berani dan nekat

    Dalam memulai usaha dibutuhkan keberanian yang cenderung nekat, kenapa begitu?… karena banyak yang belum kita ketahui, banyak hal-hal yang kita tidak perhitungkan akan timbul pada saat kita sudah memulai usahanya. Jadi konsep nya adalah learning by doing. Apalagi kalau anda sudah memperhitungkanya, berarti anda sudah siap…

    Berbeda dengan mengelola atau menjalankan usaha, keberanian lah yang dibutuhkan lebih besar bukan nekat. Karena sedikit demi sedikit kita akan tahu lebih detail usaha kita, jadi wajib hukumnya untuk memperhitungkan dan menganalisa sebelum kita mengambil keputusan.

  3. Pintar membeli berarti anda pintar menjual

    Tujuannya adalah cost efisiensi dan sensitif terhadap daya beli, jadi anda benar-benar dituntut harus cermat dan selektif, karena profit anda ditentukan oleh jarak antara biaya produksi dan harga jual.

  4. Harus siap untung dan siap rugi

    Bagaimana kita membekali diri untuk siap untung dan siap rugi? Caranya adalah Harus tahu Untung bukan mendengar dari cerita orang lain, begitu juga harus tahu rugi bukan dari cerita orang lain.

    Disinilah kematangan dan sifat arif anda dibutuhkan untuk mengelola keuntungan di sisi lain ide-ide inovatif anda harus produktif untuk mengantisipasi perubahan yang berakibat kerugian.

  5. Jangan menaruh telur di dalam satu keranjang

    Konsep ini dibutuhkan pada saat anda sudah memiliki hasil usaha yang baik, bijaksanalah dalam mengelola keuntungan, apabila ada rencana ekspansi usaha, bidiklah usaha-usaha lain yang tidak sejenis dengan usaha anda

 

Prinsip-prinsip inilah yang membentuk anda menjadi sutradara dalam usaha anda sendiri, skenario usaha anda ada di tangan anda.

 

Posted by 2 Responses
   

Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates..

And then confirm your email subcription

   

2 Comments to “Persiapan dan Prinsip untuk Memulai Usaha Sendiri”

  1. Fania says:

    Wahhh, selamat topik blognya menarik nih. Saya pribadi memang bingung banget bagaimana cara memulai usaha sendiri. Ide sudah banyak di kepala, tapi untuk memulainya rasanya berat banget. Apalagi kalau sudah bicara modal,rasanya harapan untuk bisa mulai usaha sendirinya makin jauh saja. Jujur,saat bicara modal sepertinya kurang terus.

    Saya tunggu artikel-artikel motivasi usaha nya di putihbening ݪª…

Leave your comment here:

Aug
26
2012